Thursday, January 27, 2011

LEBAH DENGAN SEGALA MANFAAT DAN KHASIAT YANG DIMILIKINYA



Ada beberapa jenis lebah yang terdapat di Indonesia, yaitu tiga diantaranya Apis cerana, Apis mellifera, Apis dorsata, dan lain-lain. Sedangkan jenis lebah yang sangat populer serta telah banyak dibudidayakan yaitu jenis Apis cerana. Jenis lebah ini merupakan lebah asli Indonesia yang sudah lama dikenal oleh masyarakat dan merupakan penghasil madu yang menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Apis mellifera merupakan lebah yang berasal dari Australia dan merupakan jenis lebah yang biasa diusahakan dengan pola angon. Lebah ini merupakan lebah unggul dengan rata-rata produksi madu dapat mencapai 40 kg/koloni per tahun. Apis dorsata merupakan lebah liar (lebah hutan/lebah raksasa) yang hanya memiliki satu sisiran sarang, memiliki sifat temporer. Di pulau Jawa, keberadaan lebah ini terancam punah karena seiring dengan keberadaan habitatnya yang notabene hutan nyaris tidak tersedia. Padahal produksi madu dari jenis Apis dorsata ini dapat mencapai ratusan kg.

Lebah memiliki beberapa manfaat dan faedah yang dapat diambil oleh manusia, yaitu beberapa diantaranya:

1. Sebagai penghasil madu

Madu dihasilkan oleh lebah secara spesifik berdasarkan sumber nektar. Berdasarkan hasil penelitian, setiap jenis madu dan sumber nektar ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang berbeda. Walaupun demikian, secara umum manfaat madu tersebut hampir sama. Produk madu tersebut diantaranya: madu rambutan, madu klengkeng, madu kopi, madu karet, madu kapuk, madu mangga, madu pollen (madu yang dicampur dengan tepung sari bunga), madu super (madu yang dicampur pollen dan royal jelly), serta masih banyak jenis produk madu lainnya yang telah banyak dipasarkan. Adapun khasiat dari madu-madu tersebut, yaitu:

· Meningkatkan daya tahan tubuh

· Memperlancar fungsi ginjal

· Membantu kecerdasan otak

· Baik untuk penderita beberapa penyakit, seperti maag, gatal-gatal, alergi, sariawan, reumatik, asam urat, dan penderita luka bakar.

· Dapat mengatasi sulit tidur

· Dapat membantu menyembuhkan luka operasi

· Khasiat madu pollen memiliki keistimewaan dibanding dengan madu lainnya, yaitu membantu penyembuhan bagi penderita jantung dan hypertensi.

· Lain halnya dengan madu super yang memiliki keunggulan khasiat seperti membantu penyembuhan bagi penderita jantung dan hypertensi, menurunkan kadar kolesterol, menghaluskan kulit, memperbaiki sel yang rusak, mengendurkan sel syaraf yang tegang, dan lain-lain.

· Serta masih banyak khasiat lainnya yang terkandung di dalam madu yang intinya sama, yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami.

2. Dapat mengahasilkan royal jelly

Khasiat dari royal jelly hampir sama dengan madu, yaitu beberapa diantaranya:

· Meningkatkan daya tahan tubuh

· Membantu penyembuhan darah tinggi dan darah rendah

· Membantu penyembuhan luka bekas operasi

· Menghilangkan rasa letih

· Baik dikonsumsi bagi penderita diabetes

· Memperlancar fungsi ginjal

· Mengurangi alergi

· Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

· Mengutangi alergi

· Kecerdasan otak

3. Penghasil polen (Bee pollen)

Bee pollen ini bermanfaat untuk:

· Meningkatkan daya tahan tubuh

· Memperlancar saluran pencernaan

· Sangat bagus bagi penderita asma dan diabetes

· Dapat memperlambat proses penuaan

· Dapat menghaluskan kulit

· Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

4. Dapat menghasilkan lilin lebah (Bee wax)
Lilin lebah ini terdapat di luar / sarang lebah, teksturnya keras dan dapat digunakan sebagai lilin aromatheraphy karena kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan lilin dari bahan parafin. Selain tiu, lilin lebah memiliki beberapa khasiat yang sangat bermanfaat bagi manusia.

5. Bisa digunakan untuk Apitheraphy

Dewasa ini telah banyak orang yang memanfaatkan lebah sebagai salah satu alternatif dalam pengobatan berbagai penyakit, yaitu dengan menggunakan sengatan lebah. Dari hasil penelitian, sengatan lebah tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti:

· Reumatik

· Darah tinggi/darah rendah

· Asam urat

· Alergi udara debu

· Kolestereol

· Sesak nafas

· Masuk angin

· Pegal-pegal

· Sakit kepala, migrain, sering merasa pusing

· Nyeri otot dan nyeri punggung

· Sulit tidur

· Disfungsi saraf

· Menurunkan berat badan, dan lain-lain

6. Dengan membudidayakan lebah, secara tidak langsung kita telah memberi kontribusi terhadap lingkungan, yaitu menjaga keseimbangan alam suatu kawasan melalui kegiatan pengkayaan tanaman pakan lebah. Selain itu, bisa dijadikan menjadi suatu kesempatan berusaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan pembudidayaan tersebut (penyediaan lapangan kerja). Bahkan di beberapa tempat lokasi pembudidayaan lebah madu ini dapat digunakan sebagai sarana rekreasi yang menyenangkan dan menarik minat para pengunjung.

7. Melalui penangkaran lebah madu indigenous (jenis lebah madu asli), kita telah melakukan pelestarian sumberdaya alam dan pengamanan fungsi kawasan.

8. Dan yang paling penting, kegiatan usaha perlebahan merupakan kegiatan agribisnis yang ramah lingkungan dan mampu memanfaatkan potensi sumber daya alam secara berkesinambungan dengan membentuk suatu ekosistem. Memfasilitasi keseimbangan ekosistem yang tercipta dari hubungan timbal balik antara lebah madu, tumbuhan, dan lingkungan dapat memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

No comments:

Post a Comment

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi