Wednesday, November 16, 2011

SOOTY MOULD PADA JERUK

Patogen

            Capnodium sp.
            Kelas   : Ascomycetes
            Ordo    : Sphaeriales

Gejala

            Pada daun-daunjeruk sering terdapat kapang jelaga yang membentuk lapisan berwarna hitam, kering dan tipis, merata pada permukaan atas daun. Kapang ini tidak memarasiti daun, sehingga daun yang terdapat di bawah lapisanhitam tadi tetap hijau. Meskipun demikian lapisan hitam tadi dapat mengurangi asimilasi dengan 44% dan transpirasi dengan 28%. Kapang hidup sebagai saprofit pada madu yang dihasilkan oleh kutu-kutu daun atau kutu-kutu putih yang terdapat pada bagian-bagian tanaman di sebelah atas daun yang berkapang tadi.

Tanaman Inang
Tali putri, Cuscuta australis R.Br., suatu tanaman berbunga [Convolvulaceae; Cuscutaceae (Agrios, 1997)] yang bersifat parasit. Terdapat pada Stachytarpheta maupun pada Barleria, khususnya yang dipakai sebagai pagar hidup.

Biologi

C. australis mempunyai batang berwarna kuning atau merah jambu, membelit pada tanaman inang, dan membentuk alat penghisap (haustorium) yang masuk ke dalam jaringan kulit maupun jaringan kayu. Parasit ini menghisap bahan organik maupun anorganik dari tumbuhan inangnya, sehingga tumbuhan yang dilekatinya akan rusak. Tajuk bunganya tumpul, seluruh tajuk bunga mempunyai panjang 2-3 mm, berwarna putih. Sisik di bawah benang sari tidak keluar dari tabung tajuk bunga. Kelopak 1,5-2 mm, bagian-bagiannya tidak saling menutupi. Tangkai putik 2. Buah bergaris tengah 3-4 mm, berbiji 3-4. Batang seperti benang yang sering membentuk kumpulan kusut. C. australis dapat memarasiti banyak tanaman dikotil berbatang basah. Umumnya terdapat pada ketinggian 5-500 m dari permukaan laut.

Penyebaran

Parasit ini terutama dipencarkan oleh manusia sendiri, yang menganggapnya sebagai tumbuhan yang menarik, dan tidak mengetahui bahwa sebenarnya adalah parasit. Cuscuta juga dapat dipencarkan dengan bijinya. Biji berkecambah di tanah yang lalu membelit tumbuhan yang sesuai yang terdapat di dekatnya.

No comments:

Post a Comment

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi