Saturday, July 28, 2012

Pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) Untuk Pupuk Organik (Kompos) dengan Bioaktivator Tricoderma sp di Kebun Sawit


Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS), atau sering disebut juga tankos adalah limbah dari pengolahan pabrik kelapa sawit (PKS). Setelah melalui perebusan tandan sawit akan dirontokkan buah-buahnya. Sisanya adalah tandan yang sudah kosong buahnya. TKKS ini masih diperas lagi untuk mengambil sisa-sisa minyak yang masih ada di dalamnya. Kemudian melalui konveyor TKKS diangkut ke tampat penampungan TKKS. Tankos yang dihasilkan dalam proses pengolahan tandan buah segar cukup berlimpah.
Pengolahan atau pemanfaatan TKKS oleh PKS masih sangat terbatas, sebagian besar TKKS ditimbun menjadi mulsa di perkebunan kelapa sawit,cara lain dapat diolah menjadi kompos yang digunakan sebagai pupuk organik sehingga mampu menggantikan atau mengefektifkan pupuk kimia (anorganik) sehingga biaya pembelian pupuk dapat ditekan. Namun dalam pembuatan TKKS menjadi kompos mengalami beberapa kendala diantaranya waktu pengomposan, fasilitas yang harus disediakan dan biaya pengolahan TKKS tersebut. Dengan cara konvesional dekomposisi TTKS menjadi kompos dapat berlangsung dalam waktu 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Lamanya waktu ini berimplikasi pada luas lokasi, tenaga kerja, dan fasilitas yang diperlukan untuk pengomposan TKKS tersebut. Agar proses pengomposan dapat berlangsung lebih cepat dapat ditambahkan activator pengomposan yang berbahan aktif mikroba decomposer dalam mempercepat proses pengomposan.
Salah satu mikroba yang sering digunakan dalam pengomposan diantaranya Tricoderma sp. Mikroba ini menghasilkan enzim yang dapat mendegradasi senyawa lignoselulosa secara cepat,dan dengan mikroba ini tidak memerlukan proses pembalikan lagi dalam proses pengomposan asalkan activator yang diberikan secara merata, sehingga mengurangi biaya dan tenaga kerja dalam pengomposan. Disamping sebagai decomposer, jamur Tricoderma sp dapat berperan sebagai jamur antagonis yang bersifat preventif (pencegahan) terhadap serangan penyakit tanaman diantaranya penyakit jamur akar (ganoderma)

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi