Friday, February 21, 2014

Kenali dan Atasi Burik Pada Pisang



Banyak orang yang belum mengetahui mengapa pisang yang mereka panen sulit sekali terhindar dari burik. Beberpa orang masih beranggapan bahwa burik pisang disebabkan oleh jamur. Sepintas memang dari gejala yang timbul, warna coklat pada burik pisang hampir seperti kumpulan spora jamur. Akan tetapi jika kita teliti lebih detil, ternyata burik pada pisang bukanlah disebabkan oleh jamur akan tetapi munculnya burik pada pisang merupakan salah satu efek yang timbul karena kulit pisang mencoba menutup luka yang diakibatkan oleh gigitan serangga.  

Ketika pada waktu panen mungkin serangga tersebut jarang kita lihat bahkan sulit dicari. Hal ini dikarenakan serangga tersebut menyerang buah pisang ketika masih dalam bentuk bunga. Imago serangga tersebut yang berupa ngengat meletakan telurnya ketika jantung pisang mulai membuka. Kemudian telur yang menetas akan berubah menjadi larva dan mulai memakan bakal kulit pisang.




Jika kita lihat dari segi seberapa besar dampak burik bagi kesehatan tanaman memang tidak akan terlalu berdampak besar dibandingkan dengan serangan jamur Fusarium atau penyakit darah yang disebabkan oleh bakteri. Akan tetapi akibat yang ditimbulkan burik pisang lebih berdampka secara ekonomis. Pisang yang  terkena burik akan menyebabkan turun kelas menjadi kelas B atau C yang tentunya harganya tidak sebaik kelas A.

Berikut beberapa tips penting dalam mengatasi burik :

1. Penyuntikan ontong (jantung pisang)
     Dalam penyuntikan ontong diusahakan agar dilakukan ketika moncong jantung masih menghadap ke arah atas dan untuk insektisida yang digunakan dapat menggunakan insektisida yang berbahan aktif abamektin atau deltametrin tentunya disesuaikan dengan konsentrasi masing-masing label yang tertera pada insektisida tersebut

2. Pemberongsongan
    Pemberongsongan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mengendalikan burik pada pisang. Pada beberapa kasus yang terjadi ketepatan waktu dalam pemberongsongan jantung pisang dapat mencegah terjadinya burik bahkan tanpa perlakuan penyuntikan ontong. Pemberongsongan dapat menggunakan bahan berupa plastik atau kertas yang biasanya sudah dijual di toko-toko pertanian. Pemberongsongan yang tepat dilakukan ketika jantung pisang belum membuka. Karena jika jantung mulai membuka serangga imago Nucleia octasema akan segera bertelur karena tertarik oleh aroma bunga pisang.

No comments:

Post a Comment

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi