Wednesday, April 2, 2014

Penyakit - Penyakit Pada Persemaian Kelapa Sawit




1. Penyakit Pada Biji

    Jenis patogen yang menyerang biji kelpa sawit merupakan salah satu golongan jamur. Patogen yang  menyerang biji dikenal dengan nama ilmiah Schizophyllum commune. Gejala dari patogen tersebut berupa miselium berwarna putih yang biasanya terlihat pada permukaan biji. Jika biji sudah terinfeksi berat, dapat menyebabkan biji gagal berkecambah

Pengendalian : Biji direndam selama 15 menit dalam larutan fungisida 0,05 – 0,1%

2. Penyakit Pada Daun

a. Hawar daun (Antracnose)

Penyakit hawar daun pada tanaman kelapa sawit dapat disebabkan oleh beberapa patogen diantaranya; Melanconium elaeidis, Botrydiplodia palmarum. Meskipun memiliki gejala yang hampir mirip, akan tetapi gejala yang disebabkan masing-masing patogen sebenarnya memiliki ciri khas tersendiri. Patogen ini biasanya menyebar lewat percikan daun atau gesekan anatara daun yang sehat dengan daun yang sakit. Perkembangan patogen ini dapat juga disebabkan karena iklim mikro yang terlalu lembab dan biasanya terjadi akibat keterlambatan pemindahan bibit dari fase Prenursery menuju Mainnursery.

Pengendalian : 1. Sanitasi daun yang sakit
                           2. Pemindahan fase yang tepat
                           3. Jarak  tanam jangan terlalu rapat
                           4. Penyemprotan fungisida secara rutin dengan interval 1 minggu sekali atau satu
                                Minggu dua kali
b. Bercak daun

Seperti halnya penyakit hawar daun, yang disebabkan oleh beberapa patogen. Penyakit bercak daun juga dapat disebabkan oleh beberapa patogen diantaranya; Curvularia eragostridis, Drechslera halodes, Cochiobolus carbonus. Secara umum jamur akan berkemabang cepat pada kelembaban tinggi, begitupun beberapa golongan jamur penyebab bercak juga biasanya mulai terlihat ketika intensitas curah hujan mulai tinggi. Gejala yang berupa bercak pada daun biasanya akan menyebar secara acak dan menyababkan warna daun sekitar bercak  berwarna kuning. Pada waktu serangan berat, bercak daun akan menyatu menyebabkan daun menjadi kering.

Pengendalian : 1. Sanitasi daun yang terserang
                           2. memisahkan bibit yang terserang
                           3. segera membuka naungan jika bibit sudah siap
                               terkena sinar matahari langsung
                           4. Penyemprotan fungisida secara rotasi rutin

No comments:

Post a Comment

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi