Tuesday, November 22, 2011

MENGENAL RUST PADA KACANG PANJANG


Patogen

     Uromyces sp.
     Kelas   : Basidiomycetes
     Ordo    : Uredinales
     Uredospora bulat atau jorong, bersel satu, berduri, dengan ukuran 20-33 x 16-23 µm. Dindingnya mempunyai tebal 1-1,5 µm, berwarna kuning emas, dengan  dua lubang di pertengahan atau di sebelah atas dari pertengahannya. Teleutospora bulat atau jorong lebar, bertangkai, bersel satu. 24-32 x 20-26 µm, halus atau mempunyai sedikit gambaran verrucosis. Dindingnya coklat tua, tebal 3-3,5 µm, dengan tonjolan hialain pada lubangnya. Aesiospora jorong, bersel satu. 20-26 x 16-20 µm. Dinding tidak berwarna, tebal 1-1,5 µm, dengan sedikit verrucosis.

Gejala

     Penyakit timbul pada daun sebagai bercak kecil, berwarna putih, agak menonjol. Pada jenis yang rentan bercak dapat membesar sampai bergaris tengah 2 mm, mempunyai masa coklat bertepung. Bercak dapat mempunyai halo berwarna kuning. Sering bercak ini dikelilingi oleh satu cincin coklat tambahan. Massa yang berwarna coklat tadi dapat segera menjadi coklat tua gelap, yang disebabkan karena perkembangan jamur penyebab penyakitnya.

Daur Penyakit

     Jamur bertahan dari musim ke musim dalam bentuk urediospora pada tumbuhan inang. Teliospora dan aesiospora jarang dibentuk dan diduga kurang memegang peranan penting untuk mempertahankan diri pada waktu keadaan lingkungan kurang menguntungkan.
     Urediospora dipencarkan oleh angin, binatang, alat-alat pertanian, dan manusia.

No comments:

Post a Comment

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi