Friday, December 21, 2018

Penyemprotan Pupuk Daun



Aplikasi pemupukan daun di bidang pertanian sudah dikenal sejak lama bahkan di masa modern sekarang para petani banyak yang sudah mengaplikasikan pemupukan daun secara rutin. Pemupukan daun dipandang lebih mudah diaplikasikan dan lebih efisien karena mengurangi biaya aplikasi pemupukan dan juga mengurangi biaya pemupukan reguler yang cukup mahal.  Seperti yang kita tahu naiknya harga pupuk NPK akan menambah harga pokok produksi pada produk pertanian menyebabkan sebagian orang memilih pemupukan daun sebagai alternatif. Akan tetapi sebagai seorang petani modern kita haruslah mengetahui bagaimana pemupukan daun yang tepat.

Apa itu pemupukan daun ?

Pemupukan daun merupakan aplikasi pemupukan melalui daun dengan cara penyemprotan ke bagian daun secara langsung dengan maksud bahwa nutrisi akan diserap oleh tanaman melalui stomata atau nutrisi akan masuk melewati kutikula daun melalui porses difusi.

Kontroversi Pemupukan Daun

1. Bagian tumbuhan yang dapat menyerap nutrisi hanya akar

2. Nutrisi dapat masuk melalui stomata

3. Aplikasi pempukan daun banyak dilakukan diatas daun sedangkan stomata lebih banyak berada di 
    bawah daun.

4. Aplikasi pemupukan daun dilakukan pada siang hari



Mari kita bahas lebih terperinci.


Nutrisi tanaman dapat diserap oleh daun melalui kutikula melibatkan  proses difusi dan serapan sel daun. Meskipun serapan melalui stomata dapat memberikan jalur masuk ke dalam daun namun secara strukut pori akan mencegah penetrasi cairan langsung ( Ziegler 1987).

Penyemprotan pupuk daun atau lebih dikenal dengan istilah foliar application akan memberikan keuntungan lebih dari hal aplikasinya. Akan tetapi kita harus mengetahui jenis hara apa yang lebih efektif diaplikasikan melalui penyemprotan daun. seperti contoh mineral nutrisi seperti Fe dan Mn akan lebih efisien dipalikasikan lewat daun dibandingkan lewat tanah (Taiz 2002).

Kesuksesan aplikasi penyemprotan pupuk daun erat kaitannya dengan waktu aplikasi. Aplikasi pupuk daun yang tepat dilakukan pada sore hari karena laju evaporasi tanaman mulai menurun dan mengakibatkan akumulasi garam pada permukaan daun rendah sehingga tidak meracuni tanaman. 

No comments:

Post a Comment

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi