Saturday, November 2, 2013

Resume Film Living Together

Awal dari film ini menceritakan interaksi yang terjadi di Greet Barrier Reef, Australia, memperlihatkan karang yang mirip dengan tumbuhan dengan cabang dan tunas kecil yang bermekaran seperti bunga, tetapi tidak berperilaku seperti tumbuhan yang dapat membuat makanannya sendiri, melainkan bagian yang menyerupai bunga di tubuhnya itu adalah tangan yang menangkap ikan sebagai makanannya. Masih di dalam laut, terdapat interaksi berupa simbiosis komensalisme antara ganggang yang hidup di permukaan karang yang memberikan 80% makanan untuk karang tersebut dengan proses kimia yang terjadi agar karang dapat makan hasil dari penyederhanaan rekasi oleh ganggang. Di daerah lain di sebuah danau, ganggang berinteraksi dengan ubur-ubur dimana ubur-ubur yang selalu mengikuti datangnya cahaya akan memenuhi permukaan danau dan membantu ganggang dalam memperoleh makanannya serta memberikan sumber makanan bagi ubur-ubur juga, tetapi ubur-ubur memiliki musuh yaitu anemon, karena ubur-ubur yang ada di dalam dalau itu tidak memiliki sengatan di tentakelnya, maka anemon mudah untuk memburunya sebagai makanan, dalam peristiwa ini antara ganggang dan ubur-ubur terjadi simbiosis mutualisme, tetapi anemon termasuk predator bagi ubur-ubur, disana terdapat peristiwa makan-dimakan.
Di daratan, terdapat simbiosis mutualisme yang berkaitan dengan saling melindungi, dalam hutan terdapat pohon Rotan yang berduri dimana di pohon itu terdapat semut yang tinggal disana, bila ada gangguan maka semut akan melindungi pohon Rotan tersebut dengan menyerang si pengganggu tersebut. Interaksi yang sama terdapat pada pohon Akarsia di dataran Afrika, daun dari Akarsia tersebut merupakan makanan dari jerapah yang  tinggal disitu, tetapi pasukan semut itu tidak tinggal diam, semut akan menyerang jerapah agar jerapah pergi, itu berhasil, karena telah melindungi Akarsia tersebut maka sebagai imbalannya Akarsia memberikan kelenjar madu untuk semut, kerja semut disitu tidak itu saja, selain mengusir hewan yang memengganggu, semut juga membasmi tumbuhan yang baru hidup disekitar Akarsia. Dalam dunia tumbuhan terdapat tumbuhan semut yang memberikan ruang yang besar untuk tempat tinggal koloni semut. Jamur merupakan patogen yang biasanya akan merugikan tumbuhan, tetapi peristiwa pada jamur keranjang berbeda karena jamur ini hanya akan memakan jaringan mati dari pohon Ek, tetapi jaringan yang masih aktif akan terus tumbuh.

Semua itu adalah contoh dari simbiosis bagian dari interaksi, sebagai manusia yaitu makhluk sosial, kita juga hidup berinteraksi dengan sesama ataupun alam sekitar kita, maka kita harus tetap menjaga interaksi positif agar tetap seimbang kehidupan di dunia ini.

No comments:

Post a Comment

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi