Friday, April 29, 2011

Kekurangan Unsur Hara Pada Tanaman


Kalau tanaman kekurangan unsur hara, maka akan memperlihatkan gejala kekurangan  Mengenai gejala kekurangan ini dapat dilihat, sebagai berikut :

Kekurangan unsur makro dan mikro
Gejala
Kalsium (Ca)
Gejala permulaan biasanya ditandai dengan tidak sempurnanya bentuk daun-daun muda, disusul matinya bagian-bagian ujung tanaman.
Besi (Fe)
Daun-daun muda berwarna hijau muda atau hampir putih, sedangkan daun-daun tua tetap hijau, karena unsur ini tidak mobil. Bagian yang menguning atau klorosis sangat jelas pada jaringan antara tulang daun.
Magnesium (Mg)
Gejala pertama terlihat pada daun-daun bawah, mula-mula ujung daun menguning dan akhirnya gugur. Tulang daun berwarna hijau lebih lama daripada bagian antara tulang daun.
Nitrogen (N)
Daun atas berubah dari hijau menjadi kekuning-kuningan lalu coklat dan daun-daun bawah mati. Pada banyak spesies terlihat warna merah atau ungu sepanjang tulang daun.
Fosfor (P)
Tanaman kerdil, daun-daun berwarna hijau tua, biasanya daun berwarna merah atau ungu disebabkan terbentuknya antosianin. Bagian-bagian yang mati dijumpai pada daun, tangkai dapat pula pada buah dan mengakibatkansebagian buah gugur.
Kalium (K)
Pertumbuhan terbatas, batang lemah bercak-bercak kuning pada daun, dan akhirnya nekrosis pada ujung  dan tepi daun, gejala umum adalah menguningnya daun
Belerang (S)
Pada stadia permulaan daun-daun muda menguning, akhirnya daun-daun tersebut menjadi hijau pucat
Mangan (Mn)
Daun-daun nekrosis dan gugur
Tembaga (Cu)
Ujung daun layu, tanaman tetap layu meskipun diberi air
Seng (Zn)
Daun-daunnya menguning pada bagian ujung dan tepinya, bentik daun tidak normal
Molibdenum (Mo)
Gejala kekurangan menyerupai kekurangan N karena unsur ini perlu untuk metabolisme N

No comments:

Post a Comment

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi