Thursday, December 29, 2011

Dokter Tanaman ?

        Banyak orang pasti bertanya dalam hatinya " emang ada ya dokter tanaman ?", kemudian  saya jawab saja ada. Profesi dokter memang identik dengan dokter yang sering kita jumpai kalu kita sedang sakit. Mungkin kebanyakan orang hanya mengenal dokter hewan dan dokter manusia saja. Hal ini wajar, karena mereka jarang mendengar atau bahkan mungkin  tidak pernah melihat bahwa profesi dokter tanaman juga ternyata ada.

        Masalah yang tidak berbeda dihadapi oleh dokter tanaman, yaitu menghadapai makhluk hidup yang sedang sakit tapi dalam hal ini tentu tanaman yang sakit. Meskipun masalah yang dihadapi sama tapi dokter tanaman menghadapi makhluk yang tidak dapat bicara dan berekspresi. Artinya dalam hal ini kita menghadapi situasi yang menuntut analisa yang tepat dan akurat. Karena kita tidak mungkin mendengarkan keluhan dari tanaman bahwa dia sakit pada bagian yang mana, Oleh karena itu dokter tanaman dituntut mampu mengalisa jenis penyakit dari penampakan gejala yang muncul. Selain itu pasien yang dihadapi bukanlah ukuran satuan individu tapi bisa puluhan , ratusan, bahkan jutaan pasien.

       Banyak hal yang bisa dibanggakan dari profesi ini. jadi buat para pembaca yang baru mendengar tentang profesi ini semoga jika anda masih berada dibangku sekolah menengah atas  hal ini menjadi sbuah tambahan pilihan untuk anda bahwa tidak hanya dokter manusia, dokter hewan, akan tetapi dokter tanaman juga bisa menjdai profesi yang menjanjikan untuk menambah penghasilan dan tentunya amal baik. Ataupun untuk anda yangsudah bekerja semoga bisa menjadi informasi bahwa jika anda mempunyai tanaman di rumah atau di kebun yang terlihat kurang sehat, anda bisa bertanya langsung pada dokter tanaman.

terima kasih buat para pembaca artikel semoga menjadi amal baik buat saya dalam menyebarkan ilmu pengetahuan....... n_n
       

No comments:

Post a Comment

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi