Saturday, March 31, 2018

Stomata (Mulut Daun)

Kita mungkin lebih mengenalnya dengan mulut daun, karena bentuk dan juga fungsinya yang hampir menyerupai mulut. Stomata merupakan bagian yang sangat penting dari tumbuhan sebagai tempat keluarnya CO2 dan Uap air. Stomata dapat membuka dan menutup bergantung pada kondisi lingkungan disekitar tumbuhan. Stomata memiliki bentuk dan jumlah yang berbeda, bergantung pada jenis tumbuhan. Pada kebanyakan jenis tumbuhan stomata terletak di bawah daun namun pada sebagian lain jumlah stomata ada yang berimbang baik itu di atas maupun di bawah daun.


Membuka da menutupnya stomata merupakan salah satu fenomena yang menarik untuk dipelajari. pada banyak jenis tumbuhan  stomata akan membuka pada saat matahari terbit dan menutup pada saat hari gelap, sehingga memungkikan masuknya CO2  yang diperlukan fotosintesis pada siang hari. Pada tumbuhan sukulen proses menutup dan membukanya terjadi sebaliknya yaitu stomata akan membuka pada malam hari dan menutup pada singa hari. 

                                                                               struktur stomata
                       ( http://tomatosphere.letstalkscience.ca/Portals/5/Images/Backgrounders/stomata.jpg)


Mekanika Stomata 

 Stomata membuka karena sel penjaga mengambil air sehingga sel penjaga menjadi mengembung. Jika ada hanya membaca spintas mungkin anda akan merasa heran, karena secara logika kita jika sel penjaga mengembung seharusnya stomata akan menutup. Stomata memiliki anatomi submikroskopik dinding sel yang unik, atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan mikrofibril selulosa atau misela. Ketika sel penjaga menyerap air, sel penjaga akan bertambah panjang terutama dinding luarnya sehingga mengembang kearah luar dan dinding sebelah dalam tertarik oleh mikrofobril sehingga stomata membuka.
 
 

No comments:

Post a Comment

produk saya

produk saya
lilin aroma teraphy berbahan aktif akar wangi